Tugas Perkembangan Infancy dan Early Childhood (Lahir - 6 tahun)
Salah satu dasar untuk menentukan apakah seorang anak telah mengalami perkembangan dengan baik adalah memulai dengan apa yang disebut tugas-tugas perkembangan atau Development task. Menurut Havighurst, tugas per-kembangan adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan individu pada fase-fase atau periode kehidupan tertentu, dan apabila berhasil mencapainya mereka akan bahagia, tetapi sebaliknya, apabila gagal, mereka akan kecewa dan dicela orang tua atau masyarakat dan perkembangan selanjutnya juga akan mengalami kesulitan.

Menurut Havighurst, pada masa ini anak belajar berjalan, memakan ma-kanan padat, berbicara, buang air kecil dan buang air besar, mengenal perbe-daan jenis kelamin, mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis, membentuk konsep-konsep (pengertian) sederhana mengenai kenyataan sosial dan alam, serta mengadakan hubungan emosional, baik dan buruk dengan orang-orang sekitarnya, yang berarti mengembangkan kata hati.
Adapun berikut ini adalah pandangan menurut beberapa ahli psikologi lainnya tentang tugas perkembangan pada anak usia 0 – 6 tahun:
- Charlotte Buhler (1930) dalam bukunya The first tear of life
- Fase pertama (0 – 1 tahun)
Anak belajar menghayati berbagai objek di luar dirinya sendiri dan me-latih fungsi-fungsi motorik.
- Fase kedua (2 – 4 tahun)
Anak belajar mengenal dunia objektif di luar dirinya sendiri, disertai dengan penghayatan yang bersifat subjektif. Misalnya, anak bercakap-cakap dan bergurau dengan boneka atau binatang kesayangannya.
- Fase ketiga ( > 5 tahun)
Anak belajar bersosialisasi. Anak mulai memasuki masyarakat luas, ia bergaul dengan teman sepermainannya, baik di lingkungan sekitar rumah ataupun TK dan SD.
- Eric Ericson (1963) dalam bukunya Chilhood and Society
- Masa bayi (0 – 1,5 tahun), anak belajar bahwa dunia merupakan tempat yang baik baginya dan ia belajar menjadi optimis mengenai ke-mungkinan-kemungkinan mencapai kepuasan.
- Masa Toddler (1,5 – 3 tahun), anak belajar menggunakan kemampuan bergerak sendiri untuk melakukan dua tugas penting, yaitu pemisahan diri dari ibu dan menguasai diri, lingkungan, dan keterampilan dasar untuk hidup.
- Awal masa kanak-kanan ( > 4 tahun), anak belajar mencontoh orang tuanya, pusat perhatian anak berubah dari benda ke orang.
- Elizabeth B. Hurlock (1978) dalam bukunya Developmental Psychology
- Prenatal, yaitu masa konsepsi anak sampai umur 9 bulan dalam kan-dungan ibu.
- Masa natal:
o Infancy atau neonatus (dari lahir sampai usia 14 hari), penyesuaian terhadap lingkungan.
o Masa bayi (2 minggu sampai dua tahun), bayi tidak berdaya dan sangat tergantung pada lingkungan dan kemudian anak mulai ber-usaha menjadi lebih independen.
o Masa anak ( > 2 tahun), anak belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga dia merasa bahwa dirinya merupakan bagian dari lingkungan yang ada.
Komentar
Posting Komentar